Pertanyaan yang diajukan oleh guru
dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa
bagian, ada yang
dapat diklasifikasikan ke dalam pertanyaan divergen
(menyebar) dan konvergen (memusat) atau sering disebut juga pertanyaan terbuka dan tertutup.
Klasifikasi lainnya adalah klasifikasi
berdasarkan taksonomi Bloom dan
keterampilan proses. Sedangkan Dahar mengelompokkan
pertanyaan ke dalam jenis pertanyaan: (1) faktual dan deskriptif (untuk memerikan); (2)
pertanyaan membimbing; dan (3) pertanyaan
tingkat tinggi . Carin mengelompokkan pertanyaan ke dalam pertanyaan tingkat rendah, tingkat
menengah, dan tingkat tinggi.
Pertanyaan Konvergen dan Divergen
(1) Pertanyaan
Konvergen
Pertanyaan konvergen
disebut juga pertanyaan tertutup, yaitu pertanyaan yang tidak menuntut siswa untuk
memberikan jawaban lebih dari satu (banyak
alternatif). Pertanyaan ini dapat diajukan langsung untuk menarik perhatian siswa pada suatu objek,
mempertajan ingatan siswa dan membantu
menilai siswa pada kemampuan mengingat atau mengamati.
(2) Pertanyaan
Divergen
Pertanyaan
divergen atau pertanyaan terbuka adalah jenis pertanyaan yang menuntut siswa untuk dapat
memberikan jawaban yang terbuka (lebih
dari satu jawaban). Pertanyaan divergen merangsang siswa untuk menjadi observer yang baik dan
mengembangkan kemampuan mengorganisasi
informasi/data dari peristiwa/objek yang dipresentasikan guru. Pertanyaan divergen dapat
membimbing siswa mencari hubungan dan
membuat hipotesis, serta menyimpulkan.
Pertanyaan
menurut Taksonomi Bloom
Anderson, et.all (2001)
merevisi taksonomi tujuan pendidikan yang dikemukakan
oleh Bloom (1956), dimana
pertanyaan dapat
diklasiikasikan berdasarkan domain proses kognitif, yaitu ingatan (remembering), pemahaman (understanding),
penerapan (applying), analisis (analysing), evaluasi (evaluating),
dan menciptakan (creating).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar