Jumat, 09 September 2016

Klasifikasi Pertanyaan dalam Proses Pembelajaran di Kelas

Pertanyaan yang diajukan oleh guru dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa bagian, ada yang dapat diklasifikasikan ke dalam pertanyaan divergen (menyebar) dan konvergen (memusat) atau sering disebut juga pertanyaan terbuka dan tertutup. Klasifikasi lainnya adalah klasifikasi
berdasarkan taksonomi Bloom dan keterampilan proses. Sedangkan Dahar mengelompokkan pertanyaan ke dalam jenis pertanyaan: (1) faktual dan deskriptif (untuk memerikan); (2) pertanyaan membimbing; dan (3) pertanyaan tingkat tinggi . Carin mengelompokkan pertanyaan ke dalam pertanyaan tingkat rendah, tingkat menengah, dan tingkat tinggi.

Pertanyaan Konvergen dan Divergen

(1)   Pertanyaan Konvergen
Pertanyaan konvergen disebut juga pertanyaan tertutup, yaitu pertanyaan yang tidak menuntut siswa untuk memberikan jawaban lebih dari satu (banyak alternatif). Pertanyaan ini dapat diajukan langsung untuk menarik perhatian siswa pada suatu objek, mempertajan ingatan siswa dan membantu menilai siswa pada kemampuan mengingat atau mengamati.

(2)   Pertanyaan Divergen
Pertanyaan divergen atau pertanyaan terbuka adalah jenis pertanyaan yang menuntut siswa untuk dapat memberikan jawaban yang terbuka (lebih dari satu jawaban). Pertanyaan divergen merangsang siswa untuk menjadi observer yang baik dan mengembangkan kemampuan mengorganisasi informasi/data dari peristiwa/objek yang dipresentasikan guru. Pertanyaan divergen dapat membimbing siswa mencari hubungan dan membuat hipotesis, serta menyimpulkan.

Pertanyaan menurut Taksonomi Bloom

Anderson, et.all (2001) merevisi taksonomi tujuan pendidikan yang dikemukakan oleh Bloom (1956), dimana pertanyaan dapat diklasiikasikan berdasarkan domain proses kognitif, yaitu ingatan (remembering), pemahaman (understanding), penerapan (applying), analisis (analysing), evaluasi (evaluating), dan menciptakan (creating).