Sabtu, 06 Juli 2013

Aktivasi Akun PTK dan Login SIAP PADAMU NEGERI


Para Sahabat Guru….!
Jika anda sudah mendapatkan Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Level 1 dari Operator Sekolah, seperti contoh dibawah ini.

Maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan akun PTK dan Login PTK Anda. Ada bebarapa dokumen/berkas yang harus Para Sahabat Guru   siapkan sebelum melakukan Aktivasi / Login Akun PTK, diantaranya :
  1. Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK Level 1
  2. KTP
  3. Kartu Keluarga
  4. SK CPNS
  5. SK PNS
  6. SK Kepangkatan Terakhir
  7. SK Jabatan Guru
  8. Amprah Gaji Terakhir
  9. Ijazah SD
  10. Data diri suami/isteri
 Berikut ini cara atau langkah-langkah dalam melakukan mengaktifkan akun PTK dan Login PTK :

  1. Pilih Poster NUPTK pada Blog Sahabat Guru, maka akan dialihkan ke alamat http://padamu.siap.web.id/
  2. Pilih menu Login / Aktivasi Akun bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan

  3. Pilih dan Klik Aktivasi Akun PTK, maka akan muncul
  4. Masukkan NUPTK/PegID dan Kode Aktivasi yang terdapat pada lembar surat tanda bukti verval level 1, lalu klik tombol Lanjut. Jika berhasil masuk, maka akan menuju halaman yang berisi data pribadi anda yang telah diisi oleh operator sekolah.

  5. Baca dan lihat dulu profil data anda mulai dari nama, tanggal lahir, tempat tugas, dan NUPTK, jika ada kesalahan harap menghubungi Operator Sekolah untuk diperbaiki datanya termasuk data pembuatan akun baru. Kemudian centang pada "Saya ingin membuat Akun baru” pada lembar ini, diharapkan Para Sahabat Guru   agar berhati-hati dan teliti, karena pada dasarnya kita akan membuat akun SIAP PADAMU NEGERI yang akan digunakan untuk VerVal NUPTK. Username sudah tersedia, biasanya username menggunakan NUPTK, lalu pada kotak Password, isilah dan buatlah Password baru (terserah, seperti membuat password akun-akun lain) dan ulangi Password di kotak bawahnya.
  6. Lalu klik Lanjut, maka akan muncul :


Pada halaman konfirmasi seperti gambar di atas ini, kita diberikan kesempatan untuk meneliti Biodata Diri serta Data Login username dan password yang telah dibuat, jika dirasa sudah benar maka klik tombol Simpan.

 Sampai disini Para Sahabat Guru telah selesai melakukan Aktivasi Akun PTK.

Jika sudah melakukan aktivasi dan membuat akun PTK selanjutnya anda dapat melakukan login di http://padamu.siap.web.id/, cara login PTK adalah sebagai berikut.

Buka situs Padamu Negeri atau langsung ke halaman login di http://padamu.siap.web.id/
kemudian pilih dan klik Login PTK maka akan menuju ke halaman  Padamu di https://paspor.siap-online.com/cas/login?&service=http://padamu.siap.web.id/login


Masukkan SIAP ID atau NUPTK dan masukkan password yang sudah dibuat saat aktivasi akun PTK sebelumnya, kemudian klik login, maka muncul : 
Tunggu beberapa saat maka akan muncul tahapan verval berikut :
Kalau sudah berhasil masuk di SIAP Padamu Negeri, maka Para Sahabat Guru   harus mengisi Angkat EDS sejumlah 56 Pertanyaan untuk Guru, jika sudah selesai tahap 2 selanjutnya Para Sahabat Guru  melakukan tahap 3 yaitu Mengisi Data Rinci. Pada tahap pengisian Data Rinci baru bisa dilakukan setelah Tanggal 8 Juli 2013, dikarena system sedang dalam tahap pengembangan/perbaikan. Para Sahabat Guru  disinilah VerVal NUPTK 2013 tahap selanjutnya dilakukan sampai akhirnya NUPTK anda dinyatakan Permanen Aktif dan Resmi Terdaftar di BPSDMPK-PMP di tahun 2013.

Demikian Para Sahabat Guru,  penjelasan singkat ini semoga ada manfaatnya. Terima Kasih.
Poskan Komentar