Sabtu, 28 September 2013

KNPI Sarankan PKA Digelar Saat Libur Sekolah

LANGSA - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Langsa menyarankan Pemerintah Aceh, agar pada masa yang akan datang menggelar Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) pada masa libur sekolah agar pelajar dari sejumlah kabupaten di Aceh dapat datang ke Banda Aceh melihat berbagai budaya daerah, sehingga tumbuh kecintaan terhadap budaya Aceh.
Wakil Sekretaris KNPI Aceh, Masrizal SPd didampingi Ketua PK KNPI Langsa Barat, Ferizal Amri kepada Serambi Jumat (27/9) mengatakan, Pekan kebudayaan Aceh mempunyai nilai strategis bagi generasi muda Aceh agar mereka lebih mengenal budaya Aceh dari berbagai kabupaten/kota.
Namun pelaksanaan PKA bukan pada masa libur sekolah secara tidak langsung menghambat warga khusunya pelajar untuk lebih mengenal budaya Aceh, karenanya momentum empat tahunan ini harus dapat dinikmati lebih banyak warga lagi dari daerah,  khususnya mereka para pelajar. “Keluhan warga tidak dapat melihat PKA karena anak-anak mereka tidak libur sekolah,” ujar Masrizal.
Sehingga terkesan PKA yang digelar hanya dapat dinikmati warga Kota Banda Aceh dan sekitarnya, padahal momentum tersebut salah satu momen mempersatukan masyarakat Aceh namun bagaimana tumbuh kesadaran budaya bersatu itu sementara masyarakat daerah tidak dapat hadir ke Banda Aceh.
Untuk itu KNPI Langsa menyarankan pada Pemerintah Aceh agar mempertimbangkan waktu pelaksanaan PKA kedepan pada masa libur sekolah sehingga kegiatan tersebut benar-benar menjadi sarana penyatu budaya Aceh dan semakin kokoh rasa persatuan ditengah-tengah masyarakat.(md)

Source : http://aceh.tribunnews.com