Kamis, 26 September 2013

Cara Mengatasi Kesedihan

Sedih merupakan hal yang biasa di alami oleh seseorang karena sesuatu hal yang mengakibatkan menangis, berpikir, ataupun membuat diri terdiam. Kesedihan memang membuat orang merasa bahwa didalam dirinya tidak berguna untuk kehidupan mereka. Dengan kesedihan pada awalnya bisa mengakibatkan orang menjadi agresif, namun seiring berjalannya waktu kesedihan bisa membuat orang merasa bahwa dirinya sendiri tidak berguna, sampai menganggap dirinya adalah orang gila.

Oleh karena itu kesedihan harus bisa di hilangkan dengan cara yang tepat agar dalam kehidupan menjadi lebih menikmati semua yang ada. Dengan merasa senang, dan menghilangkan segala hal yang membuat diri sendiri sedih seperti menghapus foto kenangan, menjauh dari orang yang diingat, sampai pada keseharian yang bisa membuat kesedihan datang kembali.

Dengan begitu orang akan beranggapan bahwa didunia ini bisa menciptakan sesuatu yang baru dengan hal baru untuk bisa menghibur dirinya menjadi lebih baik. Sehingga untuk membuat diri menjadi senang maka harus bisa mengetahui cara yang baik agar semua itu bisa terlaksana dengan mudah.

Berikut merupakan cara menghilangkan kesedihan berdasarkan pengalaman :

1. Tersenyum

Menurut pengalaman psikologi, sedih bisa dihilangkan dengan cara tersenyum saat mengingat sesuatu. Hal itu bisa diterapkan bila orang merasa sedih menjadi kebiasaan yang buruk, dan saat rasa ingin mengingat lebih tinggi daripada melupakan, maka untuk membuat orang tersenyum adalah mencari kenangan yang dirasa bisa membangkitkan senyum pada masa lampau. Dengan begitu sesaat setelah perasaan sedih datang, maka hindarilah atau berpindah tempatlah ditempat yang bisa membuat diri sendiri menjadi lebih rileks.

Hal itu memang menjadi pengalaman bagi setiap orang. Dikala sedih datang dan kelihatan tidak mungkin untuk dihilangkan, maka mereka akan mengobatinya dengan bergembira pergi bersama orang yang dicintainya. Dengan begitu senyum bisa tercipta dengan baik dan menghasilkan kesenangan secara batiniah.

2. Hindari Kebiasaan Buruk

Mungkin kebanyakan orang belum mengerti bahwasannya sedih bisa datang kapan saja bila mereka melakukan kebiasaan buruk seperti mencacimaki orang lain, berpikir negativ, membuat onar, dan sebagainya. Oleh sebab itu bila ingin menciptakan kesenangan didalam diri sendiri tidak perlu mengacaukan kebiasaan orang lain.

Karena kebiasaan adalah salah satu hal yang sukar dihilangkan, namun tetap bisa dicegah dengan cara niat didalam lubuk hati seseorang. Mungkin tidak langsung bisa untuk dihilangkan secara permanen. Akan tetapi bisa untuk di alihkan dengan cara bertahap. Jangan memaksakan diri untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, karena itu akan menyiksa batin anda. Bertahaplah bila ingin mengubahnya dengan baik, bila hal itu terjadi maka kebiasaan buruk anda akan menghilang dengan sendirinya.

3. Beribadah

Pakar kesehatan mental menyarankan untuk tetap beribadah kepada sang pencipta. Disebabkan oleh pikiran yang negatif bisa menyerang anda yang mempunyai kesedihan yang mendalam terhadap suatu hal. Dengan beribadah orang akan mendapatkan ketenangan jiwa, pola pikir sehat, dan hati yang bersih. Sehingga untuk mendapatkan kesenangan secara alami, beribadah bisa membuat anda kembali seperti dahulu disaat anda menjadi orang baik.

Cara beribadah memang berbeda - beda setiap orang. Bisa dengan cara puasa, sholat bagi orang islam, berbuat baik, sedekah, menghilangkan pikiran negatif dan lain sebagainya. Dengan beribadah maka orang bisa mengerti bagaimana kehidupan ini berjalan dan menemukan titik terang dimana setiap orang bisa memahami kehidupan ini dengan baik dan bertujuan memulyakan kehidupan mulai dari hati, pikiran, serta tindakan yang mereka terapkan setiap hari.

4. Memaafkan

Jangan malu atau segan untuk memafkan orang lain. Setiap kali anda memafkan orang lain, beban pikiran serta perilaku anda berbubah secara baik dan menghasilkan perubahan sifat yang membuat anda terhindar dari kesedihan. Sehingga senang akan muncul secara bertahap.

Minta maaflah jika orang yang pernah menyakiti anda, karena didunia ini tidak bisa ditebak oleh akal pikiran manusia. Disaan anda disakiti atau merasakan kesedihan disebabkan oleh orang ataupun barang, maka disaat itu anda akan beranggapan bahwa orang atau barang tersebut buruk didunia ini. Belajarlah bersyukur, karena mungkin bila tidak ada orang atau barang yang membuat sedih mungkin anda tidak akan belajar dari hal tersebut. Sehingga maafkanlah agar didalam kehidupan anda dipenuhi rasa syukur yang mendatangkan nikmat dari hati, pikiran, dan tindakan yang anda lakukan sekarang.

5. Mintalah Petunjuk Dari Orang Tua

Orang tua adalah guru pertama yang didatangkan oleh tuhan yang maha esa agar anda bisa belajar dari dunia ini. Dengan meminta petunjuk dari orang tua, secara tidak langsung anda akan mendapatkan cara mengatasi kesedihan anda dengan baik. Bertahap namun bisa terjadi, itulah yang membuat anda sabar dan tenang. Karena didunia ini bisa diciptakan dan diolah dengan baik oleh orang - orang yang memiliki sifat sabar dan tenang.

6. Rasakan Kesenangan

Senang bisa dibuat oleh seseorang karena telah berlebihan dari kesedihan yang dilanda. Mungkin saat anda sedih perasaan menjadi tidak tenang, gelisah, bahkan ingin mengakhiri hidup. Namun bila anda ingat bahwa tuhan ada disamping anda, maka rasa syukur telah anda miliki. Karena dengan berterima kasih kepada Sang Pencipta Jagad Raya yaitu Tuhan yang maha kuasa, maka anda akan mengetahui bila ada orang yang lebih buruk dibanding anda.

Sehingga mungkin bila anda merasa senang saat syukur bisa meliputi hari anda dengan hati yang bersih. Ciptakan kesenangan anda dengan berkumpul dengan teman, saudara atau orang tua anda. Berkomunikasi memang mendatangkan manfaat bagi anda yang sedih. Karena berkomunikasi dengan baik kepada teman secara jujur maka jalan keluar selalu ada untuk anda yang sedang merasakan kesedihan.

7. Bentuk Kebiasaan Baru

Kebiasaan bisa membuat anda sedih bila anda tidak mengubahnya ke kebiasaan yang lebih baik. Karena setiap orang selalu memikirkan masa lalu yang membuat masa sekarang dan masa depan menjadi terhambat karenanya. Oleh sebab itu hilangkan kebiasaan lama kepada kebiasaan baru yang membuat perubahan yang baik bagi anda.

Secara nyata anda akan menghilangkannya kebiaasaan yang buruk dengan memiliki daftar kebiasaan baik setiap hari. Catatlah kebiasaan baik dan tempelkan didinding dimana anda selalu melewatinya. Dengan cara itu mengakibatkan pikiran anda menjadi terbiasa melakukan hal yang anda catat tadi. Sehingga mudah bagi anda melupakan sesuatu yang sekiranya menyiksa batin anda.


Lakukan cara diatas dengan baik dan jangan biarkan hidup anda merasakan kesedihan yang membuat kesuksesan dimasa mendatang menjadi tidak terlaksana. Semua memang tidak bisa dibeli dengan uang, namun semua itu bisa diciptakan dengan cara menghilangkan kebiasaan buruk kepada kebiasaan baik. Sehingga hidup anda akan terasa nyaman, tentram, dan bahagia.